Tuesday, January 18, 2011

Memperbaiki tampilan blank pada ps2 matrix

Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada ps2 hardiskdengan booting hdloader adalah tampilan game tidak keluar alias blank setelah logo matrix.Seharusnya setelah logo matrix muncul yang tampil adalah gambar splash hdloadernya.Tapi jika kita menemui ps2 kita tampilannya blank hitam atau merah setelah logo matrix mungkin ada kesalahan pada bootingnya.
Coba kita telusuri bersama keslahan pada bagian mana?
Pertama kita cek secara manual yaitu dengan mengganti hardisk lain yang berfungsi normal apabila tidak ada masalah berarti trouble pada hardisk yang lama.
Tampilan blank hitan atau merah tidak hanya disebabkan karena hardisk,NA atau mesinnya pun bisa menyebabkan tampilan game tidak keluar.
1.Memperbaiki hardisk ps2 eror/blank
Apabila kerusakan tersebutdisebabkan karena hardisk yang eror maka langkah pertama adalah kita lepas hardisknya dicek di PC dengan menggunakan  Win Hiip,Pilih Util > Scan/Repair,kemudian colokkan kembali di ps2nya dan instal bootingnya (BOOT.ELF),car instal boot.elf bisa dibaca disini
Apabila cara tersebut tidak berhasil maka hardisk kita format dan ulangi instal dari awal.

2.Jika trouble pada console ps2nya
Jika sudah dipastikan HDD dan Network Adapter ga ada masalah,berarti trouble tersebut pada console ps2nya,langkah yang harus kita lakukan adalah memriksa fuse yang menghubungkan hardisk.
Untuk diagram fuse bisa dilihat pada diagram fuse ps2

3.Pastikan setting dari matrix/modbo adalah dev2
Setting pada boot mode adalah dev2 artinya ic matrixatau modbo tersebut akan membooting boot.elf yang terinstal pada hardisk ps2 yang digunakan.
Untuk melihat settingan tersebut caranya adalah dengan menekan tombol Segitiga dan lingkaran secara bersamaan pada saat logo matrix muncul sehingga keluar tampilan seperti berikut:
 Setting BOOT Mode pada DEV2 selanjutnya tekan START untuk menyimpan pengaturan

78 comments:

  1. mas...apakah hardisk komputer bisa dibuat jadi hardisk ps2?lok bsa gmna caranya?terus sy punya hardisk ps2 tapi g' bisa dibaca dikomputer tapi kedetect dia?

    ReplyDelete
  2. hardisknya kan sama ja,tinggal diformat ke winhip untuk yang menggunakan HDLoader.biasanya menggunakan hardisk ATA

    ReplyDelete
  3. gan klo screen nya di bawahnya ada hitam nya cara setting jadi full screen gmn gan?

    ReplyDelete
  4. Tinggal setting matrixnya ja bos,tekan lingkaran + segitiga pas logo matrix sampai masuk kemenu setting.Kemudian ubah setting paling atas kalau ga salah screen fix ke color

    ReplyDelete
  5. gan, ps ane red screen setelah muncul matrix..
    udah ane scan/repair..
    tp msh tetep gitu,,,

    sama dipencet o+segitiga pas logo matrix malah keluar tulisan NO DATA...

    kenapa ya gan??

    ReplyDelete
  6. gan ane ada masalah sama ps ane tampilannya jadi hitam putih biasanya apanya yang bermasalah gan???

    ReplyDelete
  7. gan kalau mau instal ulang hdd ps2 gimana aja langkahnya..help my gan....

    ReplyDelete
  8. gan ane py ps2 tebal pake hdd external,dg boot madenya free mcboot yg kini sdg bermasalah,,, klo buat maen game hy tahan 10mnt abiz itu psti nge hang ga bs dipake(all game),,,ane cek hdd ampe ane format trus hdd oke,trus free mcbootnya ane set ulang jg oke,,, tp penyakitnya ituuu msh aja ga ilang2,,kira2 itu apanya y gan... mohon pencerahanya...
    email : gozzam_xxx@yahoo.com

    ReplyDelete
  9. masih tetep mas udh setting boot ke dev2 juga..
    tapi sy coba hd yg lain bisa...apa hdd nya usak?tapi masih bisa dibaca winhip

    ReplyDelete
  10. format hardisknya dan coba instal kembali boot.elf gan

    ReplyDelete
  11. gan, kalo PS2 seri 30001 udah pake hdd+na blank biru tak keluar sinyal video suara gak ada tuh yang rusak apanya?? fan n tombol reset hidup

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu di IC grafikny gan.... ganti atau beli di tmpt servis
      pasang sendiri juga bsa

      Delete
    2. Gan ps2 sya pke hardis exteernal saya pas lgi seting salah pencet kepilih tulisan vga lalu tiba2 setalah sya start muncul tulisan warning setelah itu sya coba nyalakan ps sya tiba2 blank tidak da sinyal knpa ya gan

      Delete
  12. Gan. Punyaku setelah matrik kok muncul tulisan jepang ya gak tau artinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tulisan jepang gimana tu,browser atau gimana berarti

      Delete
  13. udah sya seting di dev2 masih tetap dan ganti hd ama na yg lain masih saya ga mau booting kenapa ya

    ReplyDelete
  14. udah sya seting di dev2 masih tetap dan ganti hd ama na yg lain masih saya ga mau booting kenapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hdd normal gak dips lain,atau masalah dimesinnya

      Delete
  15. ane punya hardisk merk samsung, 80GB stelah ane instal ternyta cuma 12 game yg bs. klo lebih dr 12 gme hardisk eror dan di format kembali, kira2 hardisk ane bs di betulkan ga....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu ciri2 hardisk mau rusak gan
      emg SAMSUNG kelemahan di hardisknya yg ga bagus
      untuk produk lain jos

      Delete
  16. klo hardisk merk samsung ane ga bs di isi game lebih dr 12, kira2 bs di perbaika ga gan.....? soalnya klo lebih dr 12 game terjadi eror trs di format.

    ReplyDelete
  17. gan saya punya masalah pd ps2 fat hdd internal,setelah logo MATRIK langsung BROWSER.kira2 apa ya ruasak ps2 saya?padahal saya pastikan hdd dan NA OK.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek setting DEV2,kalau sudah cek mesinnya pastikan di HDD keluar 12 volt dan 5 voltnya.
      Semoga bisa membantu,jika masih kurang jelas silahkan gabung di DISKUSI SEPUTAR PLAYSTATIONS

      Delete
  18. kenapa ya hd ps2 ku ga bisa di scan/repair pake winhiip

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan Hddnya rusak gan,coba format ulang.

      Semoga bisa membantu,jika masih kurang jelas silahkan gabung di DISKUSI SEPUTAR PLAYSTATIONS

      Delete
  19. gan,,, logo matrix nya dah nongol, tapi abis ntu yg keluar cuma tanda seru 4 biji berwarna merah, gamenya ga keluar,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek sambungan hardisknya gan,tampilan tanda seru berarti tidak ditemukannya program booting yang ada pada hardisk external atau usb

      Delete
  20. gan, cara nyambungin hdd ps2 ke pcnya gmna??
    kasih gambarnya donk gan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. HDD dilepas kemudian colokan ke PC pake kabel USB to IDE.

      Delete
  21. cara msang hdd ps2 ke pcnya gmna gan?
    kasih tutor gambarnya donk gan.

    ReplyDelete
  22. gan ps ane matrixnya muncul setelah itu ada tulisan loading boot menu v1 trus .kira kira apanya yang rusak ,help me please

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja kemungkinan psnya ngehank gan,ente pake ps seri berapa.

      Delete
    2. itu sih matrixnya v5.0 seting dulu boot menunya ke dev 2 jangan ke mass kecuali emang pake system opl hardisknya harus format fat 32 dan terinstal system untuk matrix 5.0

      Delete
  23. booosss kenapa kenapa ps2 matrik ku dihidupkan kok g keluar gambar matrixny ato psnya, masih dg kaset

    ReplyDelete
  24. pake boot opl juga gak keluar tampilan menunya gimn ya om..?

    ReplyDelete
  25. misi gan, numpang nimbrung. begini, ps2 saya blakanganini ketika muncul tulisan metrix trus muncul kaya bintang komet yang turun dari langit tuh! muter-muter. dikesempatn lain ps2 saya normal lagi. lain waktu nggak mormal lagi, katakanya sih hardis yg rusak. gimana doong apa solusinya, apa bener hasdis nya rusak, kalau mau dinormalkan lagi gimana caranya, waduuh! maksih banyak pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerusakan pada hardisknya bisa juga,tapi banyak kemungkinannya gan.Sebelumnya bisa dengan mengganti hardisk yang normal atau Cek dulu hardisknya di pc,bisa dibuka dengan winhiip ga?.Format instal ulang kalau perlu.

      Delete
  26. ps2 saya ngeblank ga keluar sistem configurasinya.....gara2 macrovision saya off... gimana cara balikinnya

    ReplyDelete
  27. gan..ps2 ane pas setting matrix nya di ps2 screen fix nya keliru pilih vga, habis itu blank gak tampil apa2, gimana balikin nya gan?

    ReplyDelete
  28. Gan mau tanya dong PS2 ane pas di nyalain cuma gambar matrix doang , biasanya abis gambar matrix langsung muncul gamenya nah sekarang engga muncul2 malah error gan, itu kenapa yaa ?
    Mohon bantuan nya gan :))

    ReplyDelete
  29. Slamat sore gan... assalamu alaikum.wr.wb. mohon pencerahannya gan.. ps2 ane kalau dinyalaiin... blank item gak muncul apa-apa..termasuk logo matrix (tapi masih ada siiinyal video, yg dtandai dngan blank biru pada tv ke blank hitam saat PS dnyalakan....) ditunggu kabar baiknya gan... terimkasih.. assalamu alaikum.wr.wb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba diangkat ic matrixnya dulu bos,angkat semua jumpernya bershkan dan nyalakan lagi.Kalau tanpa ic matrix tetap blank hitam,cek pada sinyal titik w bisa jadi penyebabnya ic kaca

      Delete
  30. ic kaca bisa di perbaiki atau di ganti ga gan? Klo bisa, gimana caranya? Kasih solusinya gan.

    christovrobin@gmail.com

    ReplyDelete
  31. Mau nanya gan, skrg ps2 pake hd trus kalo mau kembali pakai kaset gimana caranya? Tks sebelumnya

    ReplyDelete
  32. Saya mau nanya, kenapa ps2 saya kalau sedang main game terus mau ganti game lain, saat di pencet tombol resetnya tidak keluar matrix nya?? Tampilanya cuma hitam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seri berapa ps2nya bos.Biasanya kalau seperti itu bisa diakali dengan langsung dimatikan dari saklar belakang.
      Atau kalau mencoba memperbaikinya coba ganti ic matrix/modbonya

      Delete
    2. mo nanya gan.... ps2 gw metrix NA seri 30001.kl dinyalakan gmbrnya buram trs tmbh hilang tmbh hilang.....trs gelap.apanya gan...... n bgmn mengatasinya.......tengkyu gan sblmnya.....

      Delete
    3. Untuk seri 30001 biasanya disebabkan dari ic RGB gan,coba ganti ja pasti beres.

      Delete
  33. Gan mau nanya ne ps2 blank merah setelah logo matrix tu knp yah

    Apa gara" boot.elf ane ganti jadi codebreaker.elf trus cara balikin nya gmn ya soal nya blank mulu kaga ada list nya jadi ga bsa buka ulaunch

    Sry kepanjangan masih newbie Thx B4

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gan boot.elf itu berisi file hdloader yang menjalankan hardisknya.Kalau file tersebut tidak ada maka game tidak bisa di akses.
      Solusinya instal kembali BOOT.ELF (Hdloader.elf) nya bisa dengan menggunakan mc boot installer

      Delete
  34. maaf boss, mau nanya PS2 aku kalo dinyalain abis logo matrix langsung hitam aja ga mau keluar menu game, kronologi sering jatuh sama anak2, biasanya aku buka pasang netwok langsung nyala normal lagi, tapi sekarang gak bisa tetep bleng hitam terus,
    aku udah coba isi hapus game di hardisnya bisa lancar2 aja, kira2 rusak consolenya atau networknya?

    ReplyDelete
  35. Misi gan.. Mo nanya neh.. Aku punya PS2 slim 90006.. Kalo di nyalain kadang ngehang alias gambarnya freeze pada browser kadang jg pada saat game nya lg maen.. Tp kadang bagus ngga ada hambatan. Modchipnya udah aku lepas tetap aja gitu.. Tp kalo dimatiin lewat tombol power nya bisa.
    Kira2 apanya yg rusak ya gan?

    ReplyDelete
  36. Terima kasih info dan saran nya salam kenal dari saya harga hp Apple dan semoga sukses terus usaha nya.

    ReplyDelete
  37. Gan..gw mau nanya.. pas gw nyalain tuh ps2(matrix) ga ada muncul apa2 (blank) logo matrix jg ga muncul..itu knp yah? ...makasih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pas mau nyalain ps matrix keluar merah itu gimana ?

      Delete
  38. Gan mau tanya nih Ps2 saya kalo habis logo matrix kok malah ada tulisan disabled invinity 1.9.3 . Tolong kasih infonya ....... thx

    ReplyDelete
  39. Gan gw mau tanya nihhhh.... hihihi ps2 saya kok habis logo matrix kok malah muncul tulisan disabled infinity mohon bantuan nya please

    ReplyDelete
  40. kalo pas mau nyalain ps matrix keluar merah itu gimana ?

    ReplyDelete
  41. Misi gan ps 2 ane ko ga bisa baca pas di nyalain di tv nya muncul tulisan no signal,ngebleng aja biru ga ada tulisan matrix atau yg lainya,padahl kabel2 di colokin bener,lampu led nyala semua,kenapa ya gan?

    ReplyDelete
  42. misi gan hdd sya normal tpi ps2 sya ga mau baca

    ReplyDelete
  43. Gan numpang tanya,kok ps2 ane cuma mau nongol tulisan matrixnya, trus ane pindahin hardisk nya ke ps2lain mau..... Tolong penceranhannya dong.....Gan numpang tanya,kok ps2 ane cuma mau nongol tulisan matrixnya, trus ane pindahin hardisk nya ke ps2lain mau..... Tolong penceranhannya dong.....

    ReplyDelete
  44. Om, psku hampir ke format gara gara salah pencet di winhiip pas loadingnya baru setengah aku langsung cancel keluar terus cabut hddnya tapi pas dinyalain di ps habis logo Matrix kok yg muncul tulisan “Loading mcboot v1.00” pas ditunggu 30 menit gambar splashnya ngak keluar juga cara betulinnya gimana??

    ReplyDelete
  45. Gan PS Ane Sudah Tampilan MATRIX Masuk Ke Tampilan BROWSER Gimana It gan,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti biasa cek HDD+ NA normal, seting DEV2, trus cek fuse apakah tegangan 12V dan 5V nya keluar ga

      Delete
  46. Gan ane mau tanya.
    Kalo ps2 ane udah masuk "Matrix" nah pas di situ itu lama trus malah kaga masuk ke list gamenya
    Masalahnya itu apa ya gan??

    ReplyDelete
  47. Mas ps saya logo matrixnya tidak kluar
    bagaimana solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak keluar logo matrix, hanya item tok pa browser.
      Coba ganti ic matrix

      Delete
  48. gan mw tanya ps2 saya slim seri 90006 menggunakan HD luar .. saat d nyalakan yg muncul hanya tampilan BROWSER itu knp yaa ?? mhn penccerahanya thxx

    ReplyDelete
  49. Gan Ps2 saya Setelah Logo MATRIX malah muncul Tulisan Disabled V1.93 Gmn Solusinya gan Trimakasih

    ReplyDelete
  50. Gan Ps saya Setelah Muncul Logo Matrix malah Muncul tulisan disabled V1.93. Gmn solusinya gan?
    Trimakasih

    ReplyDelete
  51. Bos ps2 ane pas main 5 mnit hang. Hdd, NA baru. Spa ya bos masalh nya
    Trims...

    ReplyDelete
    Replies
    1. seri berapa psnya, kalau hank bisa jadi ic kaca atau bios

      Delete
  52. Bos PS2 hardisk internal non optik ku beberapa gamenya enggak mau dibuka, game berasal dri cd yang dijadikan iso...
    Mohon Pencerahan...

    ReplyDelete